Senin, 14 September 2015

Apa itu Arduino?

Apa itu Arduino
Arduino adalah sebuah sistem open source gratis berupa papan rangkaian elektronik (board) yang di dalamnya terdapat sebuah mikrokontroler untuk membaca sensor dan mengontrol alat elektronik. Arduino menggunakan chip mikrokontroler (otak elektronik) buatan dari Perusahaan Atmel.

Arduino memiliki kesamaan fungsi seperti komputer, hanya saja berukuran sangat kecil. Di dalamnya sudah ada prosesor, memori, input, output.

Arduino ini bisa dihubungkan ke PC/Laptop melalui sambungan USB, kemudian bisa diprogram menggunakan bantuan software Arduino IDE (integrated development environtment). 

Karena ukurannya yang kecil, mikrokontroler khususnya Arduino sudah banyak dipakai untuk mengendalikan rangkaian lampu LED, mengontrol relay, mengendalikan quadcopter, membuat robot, bahkan sampai membuat printer 3 dimensi. Anda dapat menemukan jutaan proyek dengan Arduino di Google, Youtube, dll. Ini menunjukkan betapa populernya Arduino ini.

Arduino open source, skema dan softwarenya bisa dibuka oleh siapa saja, dan yang paling penting adalah Arduino adalah mikrokontroler yang paling populer di dunia saat ini. Pengembangnya ada dimana-mana, sehingga kita juga tidak akan kesulitan ketika mau mencari referensi.

Website resmi Arduino adalah www.arduino.cc

Pada website Arduino kita bisa mendownload software Arduino, file skema dan rancangan PCB, serta panduan/referensi pemrograman Arduino. 

1 komentar:

  1. Terima kasih sudah berbagi pengetahuan gan. sangat bermanfaat . sekedar info untuk harga komponen microcontroler seperti arduino, raspberry dll termurah bisa kunjungi web ini gan bali-electro.com.

    BalasHapus